Kenapa harus REUNI?

1:07 AM Posted by Plastiker

Ya, kenapa harus reuni? Ini pertanyaan buat kami yang bisa dijawab dengan sederhana, susah, asal atau gampang banget. Anda juga bisa menjawab dengan hal yang sama.

Kami terus terang belum pernah melihat live show PLASTIK sama sekali, kasihan bukan? Hehe. Dari PLASTIK berdiri sampai vakumnya, belum pernah kesampaian melihat show langsung mereka. Maklum kami tinggal di Tangerang dan memang tipikal anak muda yang ngepas uang jajan dan terlebih lagi komunikasi dan informasi tidak secanggih saat ini.

Kami ingat ketika melihat klip PLASTIK pertama kali di sebuah stasiun televisi swasta kala kami masih duduk di bangku sekolah menengah kejuruan di sebuah TV tua ketika kami berlibur sekolah bersama di Sumedang.

"Keren nih, pastinya tongkrongan Potlot," Ya, Gang Potlot dengan pionir SLANK menjadi barometer musik dan attitude kami yang masih ABABIL (ABG Labil) waktu itu. Dulu belum paham pisan bahwa PLASTIK album pertama sangat kental dengan grungenya. Kami malah yakin ini rock ajah, tanpa embel-embel sebuah genre khusus.



Menjadi SLANKER saat itu jadi sebuah simbol kebanggaan setidaknya buat kami para ABABIL, apalagi yang pernah main ke Gang Potlot waktu itu. Bisa foto sama personel SLANK lebih wah lagi. Ya, itulah. Masih terasa sekali mencari kawan yang mendengarkan album PISS (ketiga) SLANK tidak semudah sekarang. Bangga, mungkin karena unik dan aneh barangkali. "Denger musik apaan lo, wah SLANK berisik, DEWA19 dong. Manis, banyak perempuan suka nih, " Haha.

Kembali ke PLASTIK, akhirnya putar-putar sekitar toko kaset di Tangerang dan hasilnya dapat dipastikan tidak ada yang menjual kaset PLASTIK waktu itu. "Plastik? Band apaan tuh? Baru yah?" Sedikitnya ada beberapa penjaga toko kaset yang bertanya balik.

Mau tak mau akhirnya ke Blok M harus mencarinya. Masih ngat sekali betapa bahagianya bisa membeli kaset s/t PLASTIK dengan gambar lukisan orang memegang gelas di toko kaset bawah terminal Blok M tersebut.

Agak butuh waktu untuk mencerna isi lagu-lagu tersebut karena musik yang tipikal beda banget dengan SLANK. Akhirnya tahu bahwa influence PLASTIK dari PJ, itu juga informasi dari kawan. Maklum untuk grunge yang kami tahu cuma NIRVANA :)

Lirik-lirik dalam, gelap dan rebellious terlahap sudah. Alhasil anthem KONFLIK jadi playlist sejati menjadi soundtrack pemberontakan kami. Masih ingat ketika masih suka konflik dengan Bapak, maafkan anakmu.. Pak. Bahkan lirik KONFLIK diprint dan dibingkai di kamar tidur. Semacam simbol perlawanan mungkin. Whatever lah :)

Tahun berlalu, album kedua : INSTING, PSIKO, HARMONI dirilis. Dulu ada semacam acara launching versi Radio TMI (Terminal Musik Indonesia) yang sudah almarhum yang dikawal oleh Bens Leo yang mewawancarai PLASTIK. Sebelumnya, buru-buru buat surat untuk PLASTIK biar dibaca saat acara berlangsung. Tapi sepertinya gagal.

Album kedua ini makin keras, berambisi, berontak dan makin gelap. Mungkin judul album cukup mewakili isinya. Anthem PARASETAMOL, STATIS, =1, GULA langsung jadi playlist. Seingat kami di album kedua ini PLASTIK sudah serius membina fans, ada wadah fans club. Masih tertempel di rak pakaian plastik di rumah orangtua sticker PLASTIK yang klasik itu.

Nah, seiring waktu menyelesaikan masa sekolah, album DENGARKAN PADA SAAT TENANG keluar. Ini agak beda, dan jika boleh digambarkan dengan grafik emosi, album ini langsung menukik tajam kadar emosinya mencapai level WISE. Lebih bijaksana, dewasa dan penuh kedamaian, pastinya sesuai dengan judul albumnya. Track BINTANG KECIL, HMDM, RAHASIA dan hampir di side A diputar sampai kusut. VITAMIN di side B jadi soundtrack asmara juga kala itu.

Waktu berlalu seiiring usaha bertahan hidup dan mandiri tanpa harus meminta uang saku terus dari orangtua. Ketika sudah bekerja di daerah Thamrin dan main ke toko Duta Suara di Sabang baru ngeh ada album THE BEST. Sudah sedikit mengira arahnya ke sana dan benar PLASTIK vakum. Kami menolak keras dibilang bubar. Keras kepala sedikit lah.

Jadi ini semacam curhat saja dan yang pasti ayo buat PLASTIK buat show REUNI. Jika kamu punya passion, ayo bersama buat itu. Dan kami pastikan ini bisa jadi acara yang banyak melibatkan kita sendiri mulai dengan menabung untuk itu dan juga dukung PLASTIK 15 years tshirt.

0 comments: